KALIBRASI MIKROSKOP


Terkadang mikroskop yang kita beli sudah includ dengan kamera mikroskop-nya, dan biasanya di dalam penggunaannya mikroskop berkamera ini disertai software pendukung dan software tsb. dilengkapi fitur atau menu pengukuran/ukur (measuring).

Nah, yang jadi pertanyaan apakah hasil pengukuran dari software ini sudah sesuai atau belum dengan keadaan actual nya (keadaan sebenarnya)? 
Men-tera atau meng-kalibrasi adalah sebuah proses dimana kita mengecek hasil pengukuran dari software tsb. sudah sesuai atau belum dengan keadaan sebenarnya (actual size), jika terdapat selisih, berapa slisih nya? hal tersebut lah yang menjadi catatan atau hasil dari proses ini.

Sedangkan proses selanjutnya adalah Adjusment atau penyesuaian nilai. Penyesuaian nilai dari selisih nilai ukur yang didapat pada proses sebelumnya yakni kalibrasi. 

Hal ini memungkinkan untuk dilakukan tergantung dari skill (ketrampilan) tekhnisi yang menangani, karena memang ada profesi khusus dan lembaga/perusahaan yang mensertifikasi tekhnisinya untuk melakukan pekerjaan ini. Dan ada juga software kamera mikroskop yang tidak memungkinkan dilakukannya adjusment, karena memang menu nya tidak ada,  jadi solusi nya adalah.... ya catatan tadi, jika terdapat selisih maka setiap kali melakukan pengukuran. hasil nya harus di koreksi-kan dengan selisih yang di dapat pada proses kalibrasi.

Maka user (operator) atau pengguna mikroskop harus menyimpan baik-baik catatan hasil (laporan) kalibrasi yang biasanya berbentuk Sertifikat kalibrasi yang diterbitkan oleh Lembaga atau Perusahaan yang memiliki ijin kalibrasi (KAN).

jika terdapat selisih lebih, maka hasil pengukuran di software harus dikurangi nilai kelebihan (koreksi), hasil dari pengurangan tersebut adalah hasil yang sebenarnya (actual size)

Contoh kasus :

Setelah dilakukan proses kalibrasi sebuah mikroskop terdapat selisih lebih sebesar 0,1 mm 

Catatan: nilai koreksi nya adalah (+0,1 mm)

Seminggu kemudian mikroskop tsb. digunakan untuk mengukur panjang spora bunga rumput. dan hasil yang didapat adalah 0,7 mm.

Karena hasil kalibrasi menyatakan terdapat selisih lebih sebesar 0,1 mm maka panjang spora rumput yang sebenarnya adalah 0,7 mm - 0,1 mm = 0,6 mm.


HUBUNGI KAMI UNTUK KEBUTUHAN KALIBRASI MIKROSKOP DI LAB. BAPAK/IBU



Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat.

Authors: 
Arif Cahyani Ilyas
PT. Cakrawala MikroskopIndonesia
Alamat: The Vida Building, Lantai 7, Jl. Raya Perjuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530



Reminder : Jika anda akan menggunakan artikel ini kembali untuk dipublikasi harap mencantumkan sumbernya, terimakasih.


#KalibrasiMikroskop
#Mikroskop

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minyak Imersi atau Immertion Oil

CAKRAWALA MIKROSKOP MEMPRODUKSI LEMARI PENYIMPANAN MIKROSKOP UNTUK SMP / SMA / PERGURUAN TINGGI

Review Mikroskop Dinolite (Mikroskop Berkamera Portabel)